Pages

Tuesday, January 18, 2011

Menulis Baik... Apa Susahnya???

Suatu hari saat mengutak-atik facebook, tiba-tiba muncul chat dari seorang ibu. Beliau adalah guru, atau lebih tepatnya mantan guru saya saat SMA. Beliau menyindir tentang status saya yang asal-asalan. Beliau mengatakan “bi’ statusmu kq bagus?? Ga bs bkin tulisan yang indah ya??? Guru bahasa indonesianya dulu siapa??.” Tentu saja saya tertawa melihatnya, meskipun sedikit agak malu. Kemudian saya menjawab, “iya bu maaf kalau tulisannya agak bagus, daripada nulis status yang isinya mengeluh atau sambat (istilah mengeluh dalam bahasa jawa)”. Tentu saja kata-kata bagus diatas bukan dalam arti sebenarnya.

Mungkin saya harus berterimakasih pada beliau karena dari kejadian diatas saya mulai berpikir tentang keinginan saya untuk mencoba belajar menulis indah, dan belajar berhati-hati dalam menulis. Jika dipikir ulang, apalah susahnya menulis kata-kata, meskipun terkadang saya juga kesusahan dalam prakteknya. Jika mengambil contoh dari jejaring sosial facebook, kerap kali saya membaca tentang status teman-teman tentang keluhan, hal-hal pribadi, bahkan terkadang tulisan kemarahan yang berujung menjatuhkan orang lain dengan bahasa ‘tinggi’ yang digunakan, walaupun bahasa yang digunakan tidaklah setinggi mana. Tujuan menulis menurut saya adalah untuk memudahkan khalayak faham atas apa yang disampaikan.

Menulis memang sebuah kebebasan, apalagi di negara yang demokratis seperti Indonesia ini. Namun tidaklah perlu jika menulis dijadikan ajang menjatuhkan seseorang, mengeluh atas hal-hal yang terkadang pribadi (yang mungkin tidak perlu diketahui orang).

Lebih tajam lidah daripada pisau. Penulisan ataupun ucapan dapat menimbulkan kedamaian atau kekeliruan dan kemarahan seseorang. Disini saya ingin menekankan bahwa sebagai umat yang beragama harus tetap menjaga tali silaturrahmi pada siapapun. Karena itu ada baiknya kita sebagai orang yang berpendidikan mulai saat ini mencoba berhati-hati dalam menulis. Jejaring sosial berfungsi untuk menambah teman, bukan musuh. Apapun cobaan yang diberikan oleh Allah tidak sepatutnya diumbar secara detail kepada khalayak.

Orang yang tahu agama dan bangku sekolah, pasti tahu apa arti dari sebuah kedamaian dan tidak menyakiti orang lain. Karenanya, mengapa tidak dimulai dari hal kecil seperti menulis yang baik dan indah. Jika masih tidak bisa menulis indah, saya sarankan sekarang juga untuk bergegas ke majelis ilmu terdekat untuk belajar lebih dalam demi terwujudnya masyarakat berpendidikan yang akan melahirkan kedamaian dan ketentraman.

“Apabila kamu melalui taman-taman syurga, minumlah sehingga puas. Para sahabat bertanya: ”Ya Rasulullah, apakah yang dimaksudkan dengan taman-taman syurga itu? Nabi menjawab : “Majlis-majlis ilmu”. (Hadith).

Sunday, January 16, 2011

Menanti Hadirnya Pemimpin Idaman

Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu telah meriwayatkan, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الإِمَامُ العَادِلُ وَالصَّائِمُ حَتَّى يَفْطُرَ وَدَعْوَةُ المَظْلُوْمِ.

"Tiga doa yang tidak tertolak: Doa pemimpin yang adil, orang yang puasa hingga berbuka, dan doa orang yang dizhalimi".

Masih teringat dipikiran saya atas insiden Presiden Indonesia kita, Susilo Bambang Yudhoyono yang diejek dengan disimbolkan dengan kerbau. Memang benar jika kita mengusung demokrasi dengan kebanggaan penuh, kita suka atau tidak suka dianggap siap menerima dengan seluruh konsekuensinya. Sebuah pemerintahan yang membolehkan demonstrasi adalah pemerintahan yang tidak tipis kuping dan tidak supersensitif. Para pemimpinnya siap diolok-olok dan diejek di jalan-jalan dengan segala bentuk alegori yang disimbolkan rakyatnya karena kekecewaan.

Namun, negara yang membolehkan demonstrasi adalah negara yang mampu menegakkan hukum. Membakar foto seorang presiden dan lambang-lambang negara adalah perbuatan melanggar hukum sekaligus melanggar kepatutan.

Sayangnya, penegak hukum kita tidak mampu tegas terhadap apa yang patut dan apa yang tidak. Apa yang dilanggar dan apa yang tidak. Juga, partai-partai politik tidak mampu melakukan pendidikan politik terhadap konstituennya untuk memahami apa yang patut dan apa yang tidak. Politik masih dikendalikan oleh kepentingan yang membolehkan segala cara.

Bukan bermaksud membanding-bandingkan, namun hal seperti ini. tidak pernah terjadi pada pemerintahan Soeharto. Orang yang akan memprotes kebijakannya pasti akan berpikir dua kali. Negara tetangga yang syirik juga pasti akan kempis niatnya apabila ingin mengutak-atik pulau Sipadan-Ligitan. Kebudayaan Reog Ponorogo serta Lagu "Rasa Sayange" pun tak akan berusaha dicomotnya saat era Soeharto.

Sedih rasanya melihat seorang pemimpin diejek oleh rakyatnya sendiri. Seolah-olah saat ini tak ada seorang pemimpin yang cocok untuk negeri ini. Negara ini sedang menanti hadirnya pemimpin idaman. Pemimpin haruslah seseorang yang mampu menjadi Qadhi (hakim) bagi rakyatnya (kaum muslimin). Haruslah seorang alim mujtahid yang tidak perlu lagi meminta fatwa kepada orang lain dalam memecahkan kasus-kasus yang berkembang di tengah masyarakatnya. Pemimpin idaman adalah pemimpin yang bisa mendengar apa yang rakyat inginkan, serta dapat merangkul semua jajarannya dalam satu kesatuan. Tidak ada rasa iri dengki atasnya.

Terlepas dari itu saya ingin sedikit membagi pengetahuan tentang salah satu panglima, imam dan pemimpin yang pernah dimiliki Islam. Dialah Salah ad-Din Yusuf bin Ayyub (Kurdi: سهلاحهدین ئهیوبی, Selah'edînê Eyubî, Arab: صلاح الدين يوسف بن أيوب) (c. 1138 - 4 Maret 1193), lebih dikenal di dunia Barat sebagai Saladin, seorang Kurdi Muslim yang menjadi Ayyubiyah pertama Sultan Mesir dan Syria.

Dia memimpin umat Islam melawan Tentara Salib dan akhirnya merebut kembali Palestina dari Kerajaan Tentara Salib di Yerusalem setelah kemenangannya dalam Pertempuran Hattin. Dengan demikian, dia adalah tokoh terkemuka di Kurdi, Arab, dan budaya Islam. Shalahuddin adalah seorang penganut Islam Sunni ketat dan murid dari tatanan Qadiri Sufi. Perilaku sopan-nya telah dicatat oleh penulis sejarah Kristen, khususnya dalam akun pengepungan Kerak di Moab, dan meskipun menjadi musuh para Tentara Salib dia dihormati banyak dari mereka, termasuk Richard si Hati Singa; bukan menjadi sosok dibenci di Eropa, ia menjadi contoh yang merayakan prinsip-prinsip kesopanan.

Dia dikenal sebagai raja, panglima perang yang jago strategi, pemimpin umat, dan sekaligus sosok yang santun dan penuh toleransi. Banyak manuskrip yang mencatat “Saladin Sang Raja Mesir” (Saladin, King of Egypt) sebagai simbol kekuasaan Eropa. Namanya tidak bisa dilepaskan dari Sejarah Perang Salib yang membawa kejayaan Islam, namun tanpa menindas kaum Kristiani.

Saat muda, Ia dikirim ke Damaskus, Suriah, untuk menimba ilmu. Selama sepuluh tahun ia berguru pada Nur ad-Din (Nureddin). Setelah berguru ilmu militer pada pamannya, seorang negarawan Seljuk dan pimpinan pasukan Shirkuh, ia dikirim ke Mesir untuk menghadang perlawanan Kalifah Fatimiyah tahun 1160. Ia sukses dengan misinya yang membuat pamannya duduk sebagai wakil di Mesir pada tahun yang sama.
 
Saladin memperbaiki perekonomian Mesir, mengorganisasi ulang kekuatan militernya, dan mengikuti anjuran ayahnya untuk tidak memasuki area konflik dengan Nur ad Din. Sepeninggal Nur ad Din, barulah ia mulai serius memerangi kelompok Muslim sempalan dan pembrontak Kristen. Dia bergelar Sultan di Mesir dan menjadi pendiri Dinasti Ayyubi serta mengembalikan ajaran Sunni ke Mesir.
 
Terlibat dalam Perang Salib
Dalam dua kesempatan, tahun 1171 dan 1173, Saladin diinvasi Kerajaan Kristen Jerusalem. Nur ad Din saat ini berniat membalas serangan. Namun Saladin mereka kuat terlebih dulu.
Sepeninggal Nur ad Din, Saladin menjadi penguasa Damaskus. Ia menikahi janda Nur ad Din dan menaklukkan dua kota penting Aleppo dan Mosul yang dulu selalu gagal ditaklukkan Nuraddin. Namun ia menjadi penguasa yang bersahaja. Sedapatnya, ia selalu menghindari pertumpahan darah, apalagi darah warga sipil. Saat menaklukkan Aleppo, 22 Mei 1176, nyawanya nyaris melayang karena usaha pembunuhan.
 
Ia melakukan konsolidasi di Suriah sambil sebisa mungkin menjaga agar jangan sampai tumpah perang dengan pasukan salib sebesar apapun provokasi dari pasukan salib. Misalnya, ia masih belum bereaksi saat Raynald of Chatillon mengusik aktivitas perdagangan dan perjalanan ibadah haji di Laut Merah, wilayah yang menurut Saladin harus selalu menjadi wilayah bebas. Puncaknya adalah saat penyerangan terhadap rombongan karavan jamaah haji tahun 1185. Saladin meradang.
 
Juli 1187, Saladin menyerang Kerajaan Jerusalem dan terlibat dalam pertempuran Hattin. Ia berhasil mengeksekusi Raynald dan rajanya, Guy of Lusignan. Dia kembali ke Jerusalem 2 Oktober 1187, 88 tahun setelah kaum Salib berkuasa. Berbagai medan pertempuran dilaluinya, dengan satu pesan yang sama kepada pasukannya; minimalkan pertumpahan darah, jangan melukai wanita dan anak-anak.
 
Perang Salib III menelan biaya yang tak sedikit dari kubu Kristen. Inggris mengucurkan dana bantuan yang dikenal dengan istilah ‘Saladin Tithe’ (Zakat melawan Saladin).
 
Dalam satu pertempuran, ia berhadap-hadapan dengan King Richard I dari Inggris di medan perang Arsuf tahun 1191. Di luar perkiraan kedua pasukan, Saladin dan King Richard I saling berjabat tangan dan menghormat satu sama lain. Bahkan saat tahu pimpinan pasukan musuhnya itu sakit, Saladin menawarkan bantuan seorang dokter terbaik yang dimiliki Damaskus. Begitu juga saat tahu Richard kehilangan kuda tunggangannya, ia memberikan dua ekor sebagai gantinya. Di medan itu, keduanya sepakat berdamai. Bahkan adik Richard dinikahkan dengan saudara Saladin.
 
Tak lama setelah kepergian Richard, Saladin wafat pada tahun 1193 di Damaskus. Saat kotak penyimpanan harta Saladin dibuka, ahli warisnya tidak menemukan cukup uang untuk membiayai pemakamanannya: ia selalu mendermakan hartanya kepada kaum yang membutuhkan. Kini makamnya menjadi salah satu tempat tujuan wisata utama di Suriah.
 
Nama Saladin harum di seantero dunia hingga kini. Bukan hanya kalangan Muslim, kalangan non-Muslim juga sangat menghormatinya. Satu yang dicatat dalam buku-buku sejarah: ketika pasukan Salib menyembelih semua Muslimin yang ditemui saat mereka menaklukkan Jerusalem, Saladin memberikan amnesti dan kebebasan bagi kaum Katolik Roma begitu ia menaklukkan Jerusalem.
 
Sultan Saladin
1138: Lahir di Tikrit, Irak, sebagai putra dari pimpinan kaum Kurdi, Ayub.
1152: Mulai pekerja sebagai pelayan pimpinan Suriah, Nureddin.
1164: Mulai menunjukkan kepiawaiannya dalam bidang strategi militer dan dalam perang melawan pasukan Salib di Palestina.
1169: Saladin menjadi orang kedua dalam kepemimpinan militer Suriah setelah pamannya, Shirkuh. Shirkuh menjadi wakil di Mesir namun meninggal 2 bulan kemudian. Ia menggantikannya. Namun karena kurang ada respons dan dukungan dari penguasa, ia kembali ke Kairo yang menjadi puas kekuatan Dinasti Ayyub.
1171: Saladin menekan penguasa Fatimi dan menjadi pemimpin Mesir dengan dukungan kekhalifahan Abbasiah. Namun tidak seperti Nureddin yang ingin sesegera menggempur pasukan Kristen, ia cenderung lebih menahan diri. Inilah yang membuat hubungan antar keduanya merenggang.
1174: Nureddin meninggal. Saladin menyusun kekuatan.
1183: Penaklukan kota di utara Suriah, Aleppo.
1186: Penaklukan Mosul di utara Irak.
1187: Dengan kekuatan baru, menyerang Kerajaan Latin Jerusalem dengan pertempuran sengit selama 3 bulan.
1189: Perang Salib III meluas di Palestina setelah Jerusalem di bawah kontrol Saladin. (Lihat Film Versi Hollywood : Kingdom of Heaven)
1192: Menandatangani perjanjian dengan King Richard I dari Inggris yang membagi wilayah pesisir untuk Kaum Kristen dan Jerusalem untuk Kaum Muslim.
4 Maret 1193: Meninggal di Damaskus tidak lama setelah jatuh sakit.

Sungguh Beruntung apabila ada seorang pemimpin saat ini yang bisa mengikuti teladan Sang Sultan.