Saturday, April 23, 2011

TRANSFORMASI INFORMASI DALAM KOMUNIKASI MASSA


P
erkembangan teknologi komunikasi massa dalam bentuk media massa khususnya media televisi telah membuat dunia semakin kecil. Tren perubahan gaya hidup masyarakat tidak hanya membawa pengaruh globalisasi melainkan juga polarisasi-polarisasi baru yang mendorong dilakukannya restrukturisasi dan refungsionalisasi berbagai bidang kehidupan. Kemajuan teknologi komunikasi telah memungkinkan terjadinya globalisasi informasi. Oleh karena itu, kita dituntut untuk siap menghadapi banjirnya informasi dalam segala bidang. Informasi melalui medium televise dan internet yang mengalir melintasi batas-batas Negara tampaknya tidak dapat terbendung oleh jarak, ruang dan waktu.
            Melihat fungsinya yang begitu luas, maka secara otomatis akan memberikan kesadaran bahwa hendaknya kita dapat memanfaatkannya secara tepat. Ini berarti bahwa muatan-muatan pesan media televisi harus dapat mendukung keinginan seluruh masyarakat yang terlibat dalam berbagai sendi kehidupan sosial baik secar politik, ekonomi dan budaya.
            Dukungan masyarakat berangkat dari satu kesadaran. Kesadaran itu berawal dari sejauh mana aspek komunikasi massa dapat berjalan tanpa paksaan. Komunikasi massa pada hakikatnya ialah suatu transformasi sosial yang luas, yang menyangkut persoalan manusia dalam bidang pendidikan, penerangan, perubahan sikap dan nilai-nilai serta masalah peninjauan kembali masalah hubungan antar manusia, adat istiadat, kebiasaan dan lain-lain yang menyangkut tingkah laku sosial.
            Hubungan antar bangsa sudah sedemikian eratnya sehingga overlapping budaya dapat ikut dengan sendirinya dalam budaya asli suatu bangsa. Budaya negeri kita ini jika kita lihat secara mendalam, masih mengalami masa peralihan. Ini terjadi karena persentuhan dengan budaya luar yang semakin terbuka. Seharusnya, dalam membangun Indonesia untuk masa mendatang, kita sama sekali tidak boleh meninggalkan esensi warisan budaya bangsa. Jika hal tersebut diabaikan, maka kehidupan masyarakat kita akan tercabut dari akar budayanya dan hanyut dalam arus budaya lain yang tidak kita kenal.
            Saat ini dunia berada dalam era informasi. Wujud informasi dan komunikasi massa memiliki nilai yang lebih tinggi dari nilai-nilai lainnya. Terdapat beberapa wujud system komunikasi yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi. Pertama, jaringan pengolahan data yang memungkinkan orang berbelanja cukup dengan menekan tombol-tombol komputer dirumah masing-masing. Kedua, bank informasi dan penelusuran data, yang memungkinkan pemakainya menelusuri informasi yang diperlukan serta memperoleh copy cetakannya dalam sekejap. Ketiga, sistem teleks, yang menyediakan informasi mengenai segala rupa kebutuhan. Seperti berita, cuaca, gerhana, informasi finansial, iklan terklasifikasi, catalog segala macam produk dan sebagainya, lewat layar televisi di rumah masing - masing. Keempat, sistem faksimili, yang memungkinkan pengirimam dokumen secara elektronik. Kelima, jaringan komputer interaktif, yang memungkinkan pihak-pihak berkomunikasi mendiskusikan informasi melalui komputer.

No comments:

Post a Comment